9 Aktivitas yang Bisa Meracuni Mentalmu

Merawat kesehatan mental sama pentingnya seperti kesehatan fisik. Karena jika kondisi kesehatan mental sedang tidak baik-baik saja, ini akan berpengaruh besar pada kehidupan kita. Ditambah kesehatan mental akan mempengaruhi bagaimana kita melihat, merasakan, berpikir dan bertindak dalam aktivitas sehari-hari.

Dan kondisi kesehatan mentalmu sekarang bisa saja dari aktivitas atau kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Karena Kebiasaan kita hari ini akan berpengaruh besar pada bagaimana kita di masa depan. Seperti yang ditulis James Clear dalam bukunya atomic habits, bahwa melakukan 1%  hal baik setiap harinya akan membawa kita lebih baik lagi kedepannya, begitu pula sebaliknya, bila kita melakukan 1% hal  buruk akan menjatuhkan kita. 

Sumber Gambar: Pexels/@alexgreen

Agar kita dapat menemukan versi terbaik di diri kita, langkah pertamanya adalah kenali dirimu sendiri dan sadari jika ada aktivitas atau kebiasaan buruk. Karena itu dapat memperburuk kondisi mental kamu. Dan berikut ini ada beberapa aktivitas yang perlu kamu hindari ya, agar kesehatan mental kita tetap sehat.

1. Bermain Media Sosial Berlebihan

Media sosial bisa menjadi satu alat untuk kita mengembangkan diri menjadi lebih baik. Dengan cara mencari dan membagikan informasi-informasi yang penting, sekaligus media sosial juga bisa jadi sebagai sarana belajar. 

Namun, akan berbeda dampaknya jika kita menggunakan media sosial sebagai sarana untuk bulliying, memamerkan sesuatu, dan bermainnya tak kenal waktu. Perlu di ingat, bermain media sosial hingga berjam-jam akan mempengaruhi kesehatan mentalmu. Maka dari itu gunakanlah media sosial secukupnya dan manfaatkanlah untuk hal-hal baik.

2. Memiliki Pola Pikir Negatif

Seringkali perilaku kita muncul dari apa yang kita ucapkan dan pikirkan. Dan jika kita terus memelihara pola pikir negatif setiap harinya, ini akan membahayakan kesehatan mental dan  juga membuat kita jadi orang yang rendah diri, dan pesimis. Maka dari itu latih diri untuk mengucapkan afirmasi positif setiap harinya, dan perlahan bisa mengubah pola pikir negatif itu menjadi pola pikir yang sehat sehingga bisa jadi pribadi yang optimis pada semua aktivitas yang kamu sedang lakukan.

3. Kurangnya Istirahat 

Terkadang kita terlalu keras pada diri sendiri, mengejar impian dan harapan sampai lupa istirahat. Ketika kurang istirahat akan mempengaruhi pada keseimbangan hidup kita. Untuk itu jika ada waktu untuk beristirahat gunakanlah untuk mengistirahatkan tubuh,pikiran,emosi,mental. Karena ini akan berpengaruh baik juga pada apa yang kita lakukan sehari-hari.

Ingatkan diri bahwa istiharat itu penting, untuk itu mulailah dari mengatur pola tidur yang cukup, mengkonsumsi kafein sewajarnya, dan lakukanlah perawatan diri dan jangan lupa untuk memberikan waktu untuk diri sendiri dan beristirahat sejenak dari rutinitas.

4. Merasa Menyesal dan Bersalah di masa lalu

Jika kita merasa tidak baik-baik saja, bisa jadi penyebabnya itu datang dari masa lalu. Mungkin ada yang belum selesai dengan masa lalu kita sehingga  belum bisa berdamai dengan diri. Dan ini banyak faktornya, entah itu dari trauma masa kecil, pengalaman masa lalu yang menyakitkan sehingga menimbulkan perasaan menyesal dan bersalah. Karena berdamai dengan masa lalu itu penting, maka dari itu carilah bantuan profesional untuk proses melepaskan sekaligus rasa penyesalan dan bersalah di masa lalu.

5. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Pada faktanya, kita memang tidak bisa lepas dari membandingkan diri dengan orang lain. Perbandingan diri akan terus muncul, jika belum bisa menerima diri dengan apa adanya. 

Maka dari itu, kita  perlu menghentikan untuk membandingkan diri  dengan orang lain, dan ingat semua orang di anugerahi kelebihan dan keunikannya masing-masing. Jadi percayalah pada diri sendiri.

6. Melakukan Penyangkalan

Hal selanjutnya yang tanpa kita sadari dapat memperburuk kondisi kesehatan mental adalah penyangkalan. Penyangkalan ini tidak akan menyelesaikan masalah, justru yang ada malah memperburuk. Maka dari itu, daripada terus melakukan penyangkalan ketika hal negatif datang pada diri kita, perlahan cobalah belajar untuk menerima setiap kejadian atau masalah yang datang padamu, karena percayalah, setiap kejadian atau masalah membawa manfaat dan pelajaran yang bisa kita ambil.

7. Kurangnya Aktivitas Fisik

Jika tubuh ini jarang digerakan akan terasa kaku,berat dan kita mudah terserang penyakit. Agar terhindar dari hal-hal memperburuk kondisi kesehatanmu, ada baiknya mulai melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Lewat berolahraga kita dapat menggerakan tubuh, dan ini akan menimbulkan hormon bahagia (endorfin). Walaupun mengawalinya akan sulit, yakinkan diri kamu bisa memulainya perlahan dan bisa menjadikan sebagai rutinitas baik untuk merawat kesehatan mental kamu.

8. Hanya Fokus pada Kekurangan Diri

Berfokus pada kekurangan diri bisa meracuni kondisi kesehatan mental  dan itu berbahaya. Jika terus berfokus pada kekurangan dan menuntut kesempurnaan itu akan membuat kita terasa tidak menikmati hidupi. Maka dari itu gunakanlah waktu untuk belajar mencintai diri sendiri dan mengakui kelebihan yang kita miliki, sehingga membuat diri sungguh berharga.

9. Berusaha Menyenangkan Semua Orang 

Faktanya, kita tidak bisa menyenangkan semua orang. Maka dari itu, janganlah menuntut diri untuk menyenangkan semua orang, karena itu bisa membahayakan kondisi kesehatan mentalmu. Yang perlu dilakukan adalah berbaik hatilah pada diri sendiri, karena jika kita sudah bisa baik pada diri sendiri, percayalah kita juga akan baik hati pada orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like