Ikuti 7 Kebiasaan Orang Sukses sebelum Memulai Hari

Dibalik kesuksesan perusahaan besar seperti, apple, amazon dan meta ada sosok yang membuat perusahaan itu berkembang hingga saat ini. Dan orang-orang tersebut punya kebiasaan yang cenderung sama, sehingga dengan kebiasaan tersebut bisa membuat mereka produktif dalam menyelesaikan pekerjaannya, dan mereka pun bisa menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri.

Sumber Gambar: Unsplash/@prophsee

Biasanya, di waktu pagi hari sebelum menjalankan aktivitas mereka melakukan rutinitas pagi. Karena waktu pagi hari itu merupakan waktu dimana otak kita masih cukup memiliki banyak energi, sehingga akan pas rasanya jika punya rutinitas pagi sebelum menghadapi tantangan di hari itu. Dan berikut 7 rutinitas pagi yang dilakukan orang sukses.

1. Bangun di Pagi Hari

Kamu bisa mulai membangun rutinitas untuk punya waktu cukup dalam tidur. Karena jika bangun di pagi hari, akan membuat tubuh dan pikiran segar. Seorang CEO & Founder Amazon Jeff Bezos, CEO Apple Tim Cook, dan CEO Meta Mark Zuckerberg, rata-rata memiliki waktu tidur yang cukup antara 6-7 jam setiap harinya. Maka dari itu mereka bisa tetap terjaga, dan fokus untuk menyelesaikan tugas-tugasnya di hari itu.

2. Meluangkan Waktu untuk Kontemplasi

Selaras dengan apa yang dituliskan Robin Sharma dalam buku The 5AM Club, bahwa ada baiknya, sebelum memulai aktivitas kita bisa melakukan refleksi sekitar 20 menit. Dan orang-orang sukses, biasa berkontemplasi, dengan tujuan untuk membangun pikiran positif. Mereka akan menggunakan kesempatan ini untuk berpikir, merenung dan berbicara baik kepada diri sendiri. Maka dari itu, kamu bisa mencobanya dengan cara apapun misalnya dengan meditasi, berdoa, atau melakukan journalling. Sehingga energi positif akan hadir dalam harimu.

3. Tidak Membuka Media Sosial

Tanpa sadar, di saat bangun tidur kita langsung terdistraksi untuk membuka smartphone, dan mengecheck notifikasi yang masuk. Namun sayangnya aktifitas tersebut cukup menguras energi, dan memenuhi isi pikiran. Dan orang-orang sukses ini tidak bermain media sosial di waktu paginya, karena di anggap kurang penting dan bisa membuang – buang waktu, bahkan bisa berdampak buruk pada kesehatan kita.

4. Membuat Daftar Pekerjaan (To Do List)

Agar lebih jelas dan terstruktur, orang-orang sukses biasayanya membuat daftar pekerjaan yang harus di selesaikan di hari itu. Karena mereka ingin fokus terhadap hal yang ingin dituju. Dengan membuat daftar pekerjaan, akan memudahkan mereka dalam mengerjakannya sesuai prioritas dimulai dari yang penting dan segera harus dikerjakan, sehingga bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

5. Membaca Buku

Membaca buku menjadi sarana untuk bertumbuh dan memperkaya diri secara wawasan. Dan membaca sudah menjadi rutinitas orang-orang sukses karena mereka gemar belajar. Karena mereka selalu penasaran dan ingin mencoba hal-hal baru, maka dari itu membaca dijadikan rutinitas karena banyak membawa manfaat seperti memperluas perspektif kita akan sesuatu, dan baik pula untuk nutrisi otak.

6. Tak Melewatkan Sarapan

Walaupun terlihat sibuk, orang-orang sukses ini paham bahwa kesehatan tubuh menjadi prioritas utama dan penting untuk dijaga. Maka dari itu, sebelum memulai aktivitas mereka selalu menyempatkan diri untuk sarapan, tentunya dengan asupan nutrisi yang bisa membantu untuk mereka berpikir saat bekerja.

7. Rutin Melakukan Olahraga

Salah satu kunci dari hidup sehat adalah tetap bergerak, jika kamu percaya, maka mulailah bangun rutinitas berolahraga. Kamu bisa melakukan di pagi hari sebelum beraktivitas. Karena dengan berolahraga membuta tubuh kita menjadi bugar, mempengaruhi mood kita seharian. Dan kamu bisa melakukan olahraga yang ringan seperti jalan kaki, atau yoga.

Dan kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk sukses, bisa diawalinya dengan mengikuti apa yang orang-orang sukses itu biasa lakukan, sehingga hari-harimu melakukan rutinitas menjadi produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like