Mengapa Jalan Kaki di Luar Ruangan Lebih Banyak Manfaatnya?

Diantara banyaknya jenis olahraga, jalan kaki menjadi salah satu alternatif olahraga yang bisa kamu coba untuk atasi malas geraknya kamu, mengapa bisa? Karena olahraga ini memiliki intensitas yang rendah, sehingga mudah dilakukan kapan dan dimana aja.

Sumber Gambar Unsplash/@nigelcohen

Seperti layaknya olahraga lainnya, jalan kaki punya banyak manfaat, sekaligus membawa kebaikan untuk kesehatan fisik (jantung,peningkatan fungsi otak) dan kesehatan mental (emosi yang stabil, dan suasana hati). 

Jalan kaki menjadi olahraga yang sederhana, tidak membutuhkan banyak peralatan, kamu tinggal kenakan pakaian dan sepatu olahraga yang nyaman, dan luangkan waktu sekitar 15-30 menit saja. Kamu pun bisa mencoba melakukannya di luar ruangan, sehingga kamu bisa melihat pemandangan alam, menikmati suasana yang bisa bikin mood kamu baik seharian. Dan berikut ini adalah manfaat berjalan kaki di luar ruangan.

Meningkatkan Suasana Hati

Faktanya berjalan diluar ruangan seperti di alam mampu meningkatkan suasana hati kamu lebih baik, sekaligus meredakan stres dan kecemasan sehingga secara langsung dapat berdampak pada kesehatan emosional dirimu. Berjalan di alam bisa jadi kesempatan untuk rehat sejenak dari rutinitas.

Jika kamu sudah mulai rutin berjalan kaki, sistem saraf dalam tubuhmu menimbulkan rasa senang. Sehingga dengan suasana hati yang baik akan membuat hari-hari yang kamu jalani produktif dan positif.

Membakar Lebih Banyak Kalori

Dengan kondisi jalan yang berbeda-beda dan punya rintangannya masing-masing saat berjalan diluar ruangan, membuat usaha tubuh menjadi lebih keras untuk melewatinya. Dan tubuhmu akan didorong oleh hembusan angin untuk tetap bergerak maju.

Maka dari itu, karena akan bertemu seperti anak tangga yang panjang, turunan jalan yang landai, membuat tubuh harus mengeluarkan banyak energi atau pergerakan sehingga kalori di tubuhmu akan ikut terbakar juga.

Melatih Otot Lebih Kuat 

Ketika berjalan diluar ruangan, kamu akan dipertemukan dengan beragam medan, mulai dari trotoar,anak tangga dan medan lainnya, sehingga membantu memperkuat otot-otot, melatih keseimbangan, dan keduanya penting bagi kesehatan seiring bertambahnya usia.

Dengan rutin berjalan kaki 30 menit, menjadi kesempatan untuk melatih otot, terutama otot paha dan betis. Sehingga bisa membantu kamu mengecilkan paha dan betis agar membuat tampilan badan kamu terlihat lebih baik.

Memicu Kreativitas

Seperti dilansir laman hellosehat, ada sebuah penelitian dalam Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition (2014), bahwa jalan kaki bermanfaat memicu kreativitas. 

Maka dari itu, kamu bisa mempraktekan sebagai latihan untuk meningkatkan sekaligus mengasah untuk berpikir kreatif. Jadi sebelum melakukan aktivitas, kamu bisa meluangkan waktu untuk berjalan di area tempatmu tinggal. 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika tubuh banyak bergerak lewat olahraga seperti jalan kaki, akan membantu meningkatkan jumlah sel kekebalan dalam tubuh. Sehingga jika kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, kamu tidak akan mudah terserang dari penyakit menular.

Namun jangan lupa untuk dibarengi dengan konsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, sehingga olahraga seperti berjalan kaki akan membawa dampak baik bagi kehidupan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.